Blog Website Gratis

Trik Jitu Tutorial Pembuatan Skripsi di Semester Akhir

Banyak mahasiswa yang sudah memasuki semester akhir menghadapi skripis mengalami fase ditanya bahkan ditekan oleh orang sekitar tentang kapan lulus kuliah. Bahkan penulis sempat mengalami fase dimana hampir setiap orang terdakat bertanya kapan lulus kuliah. Fase ini memang sangat menjengkelkan karena lulus kuliah tidak semudah yang orang orang awam bayangkan.

Salah satu faktor sulitnya lulus kuliah adalah pembuatan skripsi di fase pembuatan skripsi banyak mahasiswa mengalami fase stagnan yang artinya banyak mahasiswa yang cenderung membiarkan dan malas untuk mengerjakan skripsi dikarenakan beberapa faktor :

Tercipta mindset bahwa skripsi itu sulit

WTS atau yang lebih dikenal dengan Wisuda Tuna Skripsi seringkali menemui berbagai masalah karena sejak awal mereka memulai untuk menyusun skipsi sudah berfikiran negatif bahwa skripsi itu sulit. Apabila fikiran terus menerus ada dalam benak kamu, maka secara tidak sadar otak akan terdoktrin bahwa skripsi memang sulit dan menjadi ketakutan yang berlebihan bahwa skripsi tidak akan terselesaikan dengan sempurna.

Kebiasaan malas dan suka menunda-nunda

Inilah yang terlintas pada mahasiswa  tingkat akhir “Deadline skripsi masih lama, kalau masih ada hari esok, buat apa dikerjakan sekarang?” Pikiran inilah yang menjadi  hal utama dan merupakan akar penyebab skripsimu tak kunjung selesai.

Tidak bisa fokus

Penyebab skrip melambat selanjutnya adalah tidak bisa fokus. Karena fokus adalah kunci terlesesaikannya segala hal tepat waktu, tak terkecuali skripsi. Dengan fokus, semua ide akan bermunculan dan rencana akan selesai sesuai target.

Banyak hal yang bisa menyebabkan tingkat fokus kamu berkurang, seperti adanya masalah internal.

Masalah bisa muncul dari keluarga yang menyebabkan kamu depresi dan akhirnya melupakan sejenak mengenai skripsimu. Yang kedua adalah kebiasaan suka “menyambi” atau kebiasaan suka melakukan banyak hal secara  bersamaan. Contohnya adalah seorang yang kerja sambil kuliah, walau tidak sepenuhnya berdampak buruk tetapi terkadang justru membuat mahasiswa lebih mementingkan pekerjaannya di banding skripsi. Fokus adalah hal yang mudah dikatakan, namun tak mudah dilakukan. Tetapkan tujuanmu dan dan mulailah untuk fokus.

Kurang motivasi

Menulis skripsi itu berat. Beragam godaan dan cobaan datang silih berganti. Mulai dari malas, ajakan teman, pacar, laptop eror, printer macet, mati listrik, sampai dosen pembimbing yang sudah ditemui dan menyebalkan. Hal inilah yang dapat mengendurkan semangat untuk segera menyelesaikan skripsi.

 

Tips agar skripsi cepat selesai :

Awali dengan niat

Yang pertama harus dilakukan ketika kita ingin menyelesaikan skripsi adalah niat yang kuat dari diri kita sendiri. Niatkan kepada Tuhan bahwa kamu ingin menulis skripsi. Nepoleon Hill pernah berkata, “Kegigikan merupakan titik awal setiap prestasi. Kegigihan bukanlah harapan, bukan pula khayalan, melainkan sebuah ketekunan yang menggebu-gebu dan melebihi segalanya.”

Berdoa dan berusaha

Setelah kita punya niatan yang gigih untuk menyelesaikan skripsi kita harus berikhytiar untuk menyelesaikan skripsi tersebut dengan berbagai cara yang menurut kalian itu baik. Akan tetapi selain berikhtiar kita juga harus berdoa kepada tuhan yang maha esa agar pekerjaan kita diridhoi dan dilancarkan.

Jagalah kesehatan

Ini penting sekali ketika kamu sedang mengerjakan skripsi. Usahakan tetap jaga kesehatan dengan mengatur pola hidup sehat. Karena kesehatan itu amat sangat penting. Baik pola makan sehat, tidur secukupnya, olahraga dan seterusnya. Ingat yah, “Hidup secara baik, secara indah, dan dengan tepat adalah segalanya,” kata Socrates.

Siapkan dana yang cukup

Ini adalah tips terakhir yang penulis sarankan kepada kalian yang ingin menyelesaikan skripsi yaitu dana yang cukup dikarenakan banyak biaya yang akan terkuras selama berjalannya pembuatan skripsi mulai dari ngeprint belum lagi ongkos dan banyak lagi biaya tak terduga selama pembuatan skripsi. Penulis menyarankan agar kalian mahasiswa yang belum bekerja dan ingin mendapatkan dana yang cukup dalam pengerjaan skripsi kunjungi websitegratis.id .

Mungkin dari kalian setelah membaca tips dan trik pembuatan skripsi banyak yang bertanya tanya mana tekhnis pembuatan skripsinya. Hhhaaa teknis pembuatan skripsi banyak di artikel lain bahkan pihak kampus mengeluarkan buku panduan pengerjaan skripsi. Yang ingin penulis tekankan adalah dalam proses pembuatan skripsi yang terpenting bukanlah siapa uyang pintar dan siapa yang tidak pintar tapi yang terpenting adalah tekad kalian untuk menyelesaikan skripsi tersebut. Karena tidak ada yang tidak bisa kita lakukan selama kita mempunyai tekad yang kuat.

Sekian dari penulis semangat dalam pengerjaan skripsinya dan mudah mudahan tahun ini kalian lulus kuliah. Aminnnnnnnn

Fahru M

×
Segera dapatkan website secara gratis, cukup bayar hosting dan domain saja