Blog Website Gratis

Mengenal Software Membuat Website

Software yaitu suatu program komputer yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas khusus, seperti dokumen, memanipulasi foto.
Pengertian software aplikasi tidak lepas dari beberapa macam program pembangunnya, yaitu terdiri dari software hiburan, pendidikan, bisnis, perangkat lunak khusus, serta produktivitas kerja.

Macam-Macam Software Aplikasi

1. JOOMLA

Joomla adalah salah satu aplikasi CMS yang digunakan untuk membangun sebuah web secara offline secara dinamis. Joomla adalah aplikasi open source sehingga bebas digunakan oleh

siapapun. Joomla adalah hasil pengembangan aplikasi Mambo yang  berjenis CMS juga. Dalam web berbasis joomla terdapat tiga cakupan dasar yang harus ada yaitu PHP, database dan web server.

  • PHP Apa itu PHP?

PHP adalah bahasa pemrograman yang bersifat server side. Script PHP dikirim dan dieksekusi oleh web server dan diterjemahkan menjadi bahasa pemrograman HTML ke browser agar bisa dibaca oleh browser. Untuk mengubah bahasa pemrograman PHP menjadi HTML diperlukan sebuah aplikasi yang disebut dengan Engine PHP.

  • Database

Sistem database di Joomla menggunakan Mysql. Database ini digunakan untuk menyimpan data-data joomla milik anda. Seperti user name, password dan datdata lainnya.

  • Web server

PHP dan database adalah dua komponen yang sangat penting dalam membuat web berbasis Joomla. Aplikasi yang digunakan oleh webserver adalah Apache karena telah mendukung format file server tanpa perlu menginstall aplikasi tambahan lagi.

2. XAMPP

XAMPP adalah sebuah aplikasi open source. XAMPP adalah aplikasi yang berperan sebagai sebagai server sendiri(localhost) yang terdiri dari Mysql, Apache, Phpmyadmin, dan Perl. XAMPP adalah sebuah aplikasi yang dapat merangkum beberapa aplikasi server sekaligus. XAMPP merupakan singkatan dari X(nama sistem operasi apapun), Apache, Mysql, Phpmyadmin, Perl.

  • Apache HTTP Server

Apache merupakan aplikasi web server terpopuler di dunia. Apache yang dipaketkan oleh XAMPP terdapat dua buah modul yaitu PHP dan Perl. Hal tersebut memungkinkan kita memanfaatkan web server untuk menginstall beberapa aplikasi berbasis web, atau untuk mempelajari pembuatan website dinamis menggunakan bahasa pemrograman tersebut di server lokal.

  • MYSQL Database Server

Aplikasi berbasis web tidak bisa diinstall jika kita belum menyiapkan sebuah database server yang sesuai. Database server dibutuhkan untuk menyediakan penyimpanan data secara terstruktur, efektif, dan efisien. MySQL yang dipaketkan dalam XAMPP merupakan aplikasi server database yang mumpuni, dan banyak digunakan pada aplikasi berbasis web. Bahkan banyak website besar dengan trafik yang tinggi memanfaatkan MySQL untuk penyimpanan basis datanya. Sebut saja Flickr, Facebook, Wikipedia, Google, Nokia dan YouTube yang secara resmi telah membeberkan bahwa website mereka menggunakan MySQL sebagai database server.

  • File Zilla FTP Server

FileZilla FTP Server merupakan aplikasi untuk server FTP (File Transfer Protocol) yang memungkinkan kita berbagi file secara lebih aman, terstruktur, dan tanpa pembatasan jumlah sesi koneksi. Meski mirip, pada prinsipnya FTP (layanan pada port 21) berbeda dengan Windows File Sharing (layanan pada port 445). Dengan FileZilla Server kita bisa membuat user dengan home folder terpisah dan memiliki password masing-masing, sehingga cocok untuk mekanisme pengumpulan tugas siswa sehari-hari.

Note : Untuk kalian yang ingin membuat web tanpa harus ribet mudah sekali, kami menyediakan jasa pembuatan website klik saja di http://websitegratis.id

Terimakasih

 

×
Segera dapatkan website secara gratis, cukup bayar hosting dan domain saja