Blog Website Gratis

Marketplace dan Toko Online

Setiap hari bermunculan masalah baru, apalagi pemerintah Indonesia sendiri  mendorong kebijakan pertumbuhan startup di Indonesia dengan berbagai kemudahan sumber yang mengatakan startup.

Hal ini terjadi karena bisnis online yang awalnya dipandang sebelah mata ternyata mampu meningkatkan perekonomian pelakunya dan memberikan kemudahan bertransaksi bagi penggunanya. Belum lama ini banyak perusahaan starup bermunculan,Anda pasti mengenal Go-jek,Tokepedia, Bukalapak, Blibli, MatahariMall, Freelancer dan masih banyak lagi.

Itu baru yang biasa lewat di televisi, belum lagi startup local, yang Jumlahnya bisa ribuan atau jutaaan. Menarik adalah dari startup-startup tersebut, apakah kita bisa membedakan mana itu online shop atau mana marketplace?Nah, pada postingan ini saya akan memberikan penjelasan singkat bagi Anda yang ingin tahu apa perbedaan online shop dan marketplace.

Perbedaan antara Online Shop dan Marketplace?

Online shop

Online shop atau di Indonesia dikenal dengan  toko online merupakan startup bisnis milik pribadi atau perusahaan yang menjual produk berupa barang atau jasa. Kemudian Klien/konsumen bertransaksi langsung dengan pemilik online shop.

Contoh online shop besar di Indonesia antara lain MatahariMall, Blibli, Bilna dan lain-lain. Kalau di dunia nyata, online shop ibarat toko biasa,kemudian Pemiliknya bisa perorangan, cv atau PT. dalam hal Pengiriman barang biasa nya onlineshop menggunakan jasa kurir, sedangkan pembayaran konsumen dengan menggunakan transfer bank lokal atau paypal.

Marketplace

Berbeda dengan online shop, marketplace ibarat pasar tempat berkumpulnya para penjual dan pembeli. Marketplace menyediakan kios-kios online gratis dan berbayar untuk para penjual barang atau jasa. Marketplace inilah yang mempertemukan Anda sebagai penjual dengan calon pembeli.Untuk berjualan di marketplace, Anda tidak harus punya online shop sendiri. Karena bisa numpang jualan di lapak mereka. Sistem pembayarannya menggunakan rekening bersama.

Pembeli transfer ke rekening marketplace => penjual mengirim barang ke alamat pembeli => marketplace mentransfer uang ke rekening penjual.Jadi uangnya lewat dulu rekening marketplace untuk menghindari hal yang tidak diharapkan atau penipuan. Dalam hal ini ada yang gratis dan ada yang meminta komisi.

Jika produk Anda ingin dilihat oleh pengunjung marketplace, Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk memasang iklan di situ.Contoh marketplace populer di Indonesia antara lain bukalapak, tokopedia, dan banyak lagi.Itulah perbedaan online shop dan marketplace. Semoga ulasan ini bermanfaat. Terima kasih

Ok bro sekian artikel saya ya.bagi yang mau membuat website toko online sendiri atau bahkan marketplace sendiri silahkan kunjungi websitegratis.id lagi ada promo loh.

Gungun Guntur

×
Segera dapatkan website secara gratis, cukup bayar hosting dan domain saja