Blog Website Gratis

Apa Perbedaan HTTP dan HTTPS dalam segi Fungsi ?

Perbedaan HTTP dan HTTPS didalam keamanan website

Perbedaan HTTP dan HTTPS akan kami bahas secara lengkap dari mulai pengertian, perbedaan, serta keuntungan apa saja menggunakan HTTPS pada sebuah website.

Mungkin jika anda yang sudah sedikit mengerti web Anda akan pernah membaca bahwa HTTPS merupakan salah satu penentu rangking website.

Selain dari segi sisi SEO, penggunaan HTTPS ini memiliki keunggulan lainnya yang dapat membantu kinerja halaman situs untuk kemanann data dari berbagai kejahatan.

Perbedaan HTTP dan HTTPS Beserta Fungsinya

Perbedaan HTTP dan HTTPS akan coba kami bahas dengan lengkap mulai dari pengertian, perbedaan, cara kerja dan keuntungan menggunakan HTTPS.

1. Perbedaan dan Pengertian HTTP dan HTTPS

Jika Anda pernah berbelanja online, di bagian nama domain akan terlihat gembok berwarna hijau dan tulisan https sebelum nama domain.

Apakah Anda mengetahui mengenai fungsi dan perbedaan HTTP dan HTTPS?

Ini akan berguna untuk melindungi data-data dan informasi Anda, sehingga tidak ada seorang pun dapat mengetahui isi data-data dan informasi tersebut.

Contohnya ketika Anda melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit ketika berbelanja online, data dari kartu kredit Anda akan sulit diketahui oleh pihak ketiga dan orang-orang yang ingin mengetahui informasi tersebut.

Berbeda hal nya jika website yang Anda gunakan untuk melakukan transaksi masih menggunakan http, maka data Anda akan sangat rawan untuk disalahgunakan.

a. HTTP

HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protokol. Protokol yang mengatur komunikasi antara client dan server. Yang menjadi client adalah web browseratau device lain yang dapat mengakses, menerima dan menampilkan konten web.

Pada umumnya cara berkomunikasi antara server dan client adalah client melakukan request ke-server, kemudian server mengirimkan respon terhadap client. Respon yang dimaksud dapat berupa file HTML yang akan ditampilkan di browser ataupun data lain yang di-request oleh client. Semua kegiatan tersebut diatur oleh suatu protokol yang sedang kita bahas, yaitu HTTP. Namun HTTP tidak menjamin keamanan data yang ditransmisikan antara client dengan server.

b. HTTPS

HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Versi securedari HTTP yang dikembangkan oleh Netscape Communications Corp. Dapat Anda temukan ketika mengunjungi sebuah website yang memiliki fitur untuk melakukan transaksi pembayaran atau fasilitas untuk login.

Kebanyakan website yang menggunakan HTTPS akan otomatis melakukan redirect ke HTTPS ketika diakses melalui HTTP://. HTTPS menjamin keamanan data yang dikirimkan. Berbicara keamanan data, sedikitnya ada 3 aspek yang ditangani oleh HTTPS, yaitu:

1) Autentikasi Server, dengan adanya autentikasi server, pengguna yakin sepenuhnya bahwa ia sedang berkomunikasi dengan server yang ia tuju.
2) Kerahasiaan Data, data yang ditransmisikan tidak akan bisa dipahami oleh pihak lain, karena data yang ditransmisikan sudah dienkripsi.
3) Integritas Data, data yang sedang ditransmisikan tidak dapat diubah oleh pihak lain, karena akan divalidasi oleh message authentication code (MAC).

HTTPS juga menggunakan TCP (Transmission Control Protocol) ketika akan mengirim dan menerima data melalui port 443 dengan koneksi yang dienkripsi oleh SSL/TLS (Transport Layer Security).

2. Cara Kerja HTTPS

Ketika Anda mengunjungi sebuah website dengan HTTPS, maka browser akan melakukan pengecekan apakah website tersebut terhubung dengan sertifikat SSL/TLS. Jika terhubung akan terjadi yang namanya SSL handshake.

Https bukan protokol yang terpisah, tetapi mengacu pada kombinasi Sockets interaksi HTTP lapisan yang normal dienkripsi melalui SSL Secure atau Transport Layer Security (TLS) mekanisme transportasi. Hal ini memastikan perlindungan yang wajar dari penyadap dan asalkan dilaksanakan dengan benar dan otoritas tingkat melakukan pekerjaan mereka dengan baik terhadap serangan.

Browser akan melakukan validasi dari sertifikat SSL dan memastikan website tersebut benar-benar valid.

Selama proses SSL handshake, untuk public key dan private key akan melakukan enkripsi dan dekripsi.

Apabila sertifikat valid, session key akan dibuat oleh klien dan server. Setelah itu koneksi melalui internet sudah dalam kondisi aman dengan ditandai gembok berwarna hijau dan HTTPS sebelum nama domain.

3. Keuntungan Menggunakan HTTPS

Ada banyak manfaat yang akan Anda dapat ketika menggunakan HTTPS untuk website, berikut ini adalah beberapa diantaranya.

a. Untuk SEO
Penggunaan HTTPS bisa memberikan pengaruh baik pada SEO website/blog apabila Anda membaca referensi dari Google sendiri mengenai penggunaan HTTPS, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa Google sendiri-lah yang menyatakan bahwa website dengan HTTPS lebih baik daripada website hanya dengan HTTP. Bahkan menurut analisa dari AHREFS juga menguatkan pernyataan bahwa ke depannya HTTPS akan sangat diperlukan dan menjadi standar wajib yang harus digunakan.

b. Untuk Pengguna
Saat ini pengguna internet memiliki hak privasi, terutama ketika mereka mengunjungi sebuah website. Dengan menggunakan HTTPS, data pengunjung akan lebih aman ketika mereka berinteraksi melalui website Anda, seperti menginputkan data berupa password atau lainnya. Komunikasi browser ke server dan server ke server akan dienkripsi, sehingga data user yang dikirimkan akan lebih aman.

Menggunakan HTTPS saat ini adalah hal yang penting, meskipun website Anda tidak menangani komunikasi yang sifatnya sensitif. Selain dapat melindungi informasi data user dan website, HTTPS juga dibutuhkan untuk fitur baru aplikasi web progresif.

Prayoga Hakim

×
Segera dapatkan website secara gratis, cukup bayar hosting dan domain saja