Blog Website Gratis

Cara Membuat Website Desa Gratis dan Mudah

Perkembangan teknologi di era jaman sekarang mengharusan setiap orang baik itu melalui instansi/pemerintahan, sekolah dll untuk bisa melek terhadap tekhnologi. Salah satunya instansi pemerintahan berupa desa.

Pemerintahan desapun sekarang dituntut untuk memberikan pelayanan yang sangat baik kepada masyarakat dan desa pun dituntut harus memiliki sebuah website desa yang dapat memberikan kemudahan melalui media informasi berbasis online.

Adapun Latar Belakang Lahirnya Gagasan Desa

Pada akhir tahun 2012, desa belum memiliki domain internet “Resmi”. Saat itu masih berlaku, Permenkominfo No. 28 Tahun 2006 tidak mengakui desa sebagai bagian dari Pemerintahan Republik Indonesia, sehingga tidak dapat menggunakan domain “go.id”. Karena itu desa-desa yang tergabung dalam Gerakan Desa Membangun (GDM) kemudian menggagas usulan domain internet Indonesia khusus untuk desa “desa.id”.

Diusulkan dan dibahas di forum Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) sejak akhir Desember 2012, kemudian diusulkan resmi dalam forum Diskusi Umum Terbuka PANDI, 12 Februari 2013, diterima dan disetujui Forum Nama Domain Indonesia, kemudian diluncurkan ke publik pada 1 Mei 2013.

Domain desa.id kemudian melahirkan semangat pemberdayaan masyarakat baru berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK), sehingga melibatkan ribuan Relawan TIK, Kemenkominfo RI dan lembaga / organisasi kemasyarakatan. Sejak 2013 muncullah gelaran event Festival DesTIKa, kemudian pada DesTIKa kedua tahun 2014 muncul kegiatan penganugerahan “DesTIKa desa.id Awards” dan melahirkan gerakan #1000webdesa dengan domain desa.id gratis pada 2013-2014 dengan lebih dari 2.000 desa penggunanya.

Pemerintah, melalui Permenkominfo No. 5 Tahun 2015 kemudian mengambilalih pengelolaan domain desa.id, mengakuinya menjadi domain instansi penyelenggara setara dengan go.id, mil.id dan .id milik pemerintahan Republik Indonesia. Sejak saat itu, pendaftaran dan pengelolaan domain desa.id dilayani oleh Registrar domain pemerintah, www.domain.go.id .

Pendaftaran Domain “desa.id”

Berikut ini persyaratan yang harus dipenuhi:

  1. SK pengangkatan Kepala Desa dan Perangkat Desa yang masih berlaku.
  2. Surat Permohonan yang ditandatangani oleh Kepala Desa atau Sekretaris Desa.
  3. Surat Kuasa dari Kepala Desa atau Sekretaris Desa ke Perangkat Desa sebagai pejabat pengelola domain desa.
  4. Kartu identitas (KTP/SIM) milik pendaftar yang masih berlaku.

Manfaat Website Bagi Desa

Ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan oleh sebuah desa yang mempunyai website resmi yang dikelola sendiri oleh pemerintah desa.

Berikut ini 3 manfaat utama website bagi desa:

Promosi Daerah

Di Indonesia, masalah pemerataan pembangunan memang masih menjadi masalah yang cukup serius. Hal ini tidak selamanya diakibatkan karena dana dari pemerintah yang tidak sampai atau tidak tepat sasaran, akan tetapi bisa juga karena kurangnya informasi terkait situasi dan kondisi suatu desa.

Melalui media website, sebuah desa bisa memberikan informasi, tidak hanya kepada pihak pemerintah tetapi juga kepada semua orang tentang kondisi desa, baik itu kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki oleh desa tersebut.

Selain itu, melalui media website, desa bisa mempromosikan keunikan apa saja yang dimiliki, potensi alam maupun sumber daya manusia yang ada. Misalnya saja obyek wisata yang ada di desa tersebut, keunikan budayanya, produk-produk kerajinan masyarakat, UKM dan sebagainya.

Dengan promosi semacam ini akan terbuka peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Publikasi Kegiatan Desa

Masyarakat desa berhak tahu apa saja kegiatan pembangunan yang sudah dilakukan oleh pemerintah desa. Kegiatan apa saja yang sudah maupun yang akan diselenggarakan oleh desa. Melalui media website, pemerintah desa bisa dengan mudah mempublikasikan kegiatan desa dan bisa diakses oleh semua masyarakat.

Meningkatkan Pelayanan Pemerintah Desa

Pemerintah desa bisa memberikan informasi tentang pelayanan yang ada di desa. Melalui media website, pemerintah desa juga bisa membuka pelayanan berbasis online.

Cara untuk mendafatkan website desa :

1. Pertama buka alamat link http://websitegratis.id

2. Scroll kebawah pilih website desa

3. Klik buat website gratis sekarang

 

4. Pilih nama domain desa yang anda inginkan

 

 

5. Klik continue

 

7. Pada proses ini adalah jumlah biaya yang harus diselesaikan agar proses pembuatan web desa cepat proses

 

Ket : karena membutuhkan waktu biasanya aplikasi yang anda pesan akan memakan waktu beberapa hari, tapi kami jamin aplikasi yang anda request selesai tepat waktu dan aman.

 

Terimakasih..

Fahru M

×
Segera dapatkan website secara gratis, cukup bayar hosting dan domain saja