Blog Website Gratis

Cara Membuat Form Kontak

Cara Membuat Kontak Form Menggunakan Plugin Wordpress

Ketika kalian mempunyai sebuah halaman web personal maupun untuk keperluan berdagang. Pastinya dilengkapi fitur membuat kontak form yang berfungsi sebagai orang pengunjung dapat menghubungi Anda.

Jika Anda sudah mempunyai halaman Hubungi kami di WordPress, Maka sangatlah mudah kita untuk menambahkan Form kontak. Lalu mengaturnya, sehingga pada website tersebut bisa menerima pesan dari pengunjung.

Cara membuat form kontak paling mudah adalah menggunakan sebuah plugin yang telah disediaakan oleh WordPress. Banyak plugin yang anda bisa pilih, Pada tutorial kali ini kami akan memberikan tips bagaimana cara membuat kontak form agar pengunjung bisa menghubungi Anda untuk berinteraksi terkait kerjasama atau semacamnya.

Cara Membuat Kontak Form Menggunakan Plugin di WordPress

Ada plugin yang sangat bagus untuk membuat kontak form, Dengan lebih dari 3 juta pengguna aktif dan dapat di install. Contact Form 7 Merupakan sebuah plugin yang paling banyak di install oleh semua pengguna WordPress. Antarmuka yang sangat fleksibel dan pemasangan yang cepat membantu Anda untuk membuat form kontak.

Langkah 1 – Menginstal Form Kontak 7

1. Silahkan untuk Login kedalam dashboard WordPress Anda, dan pilih Plugins > Add New disebelah kanan menu.

2. Cari nama plugins Contact Form 7 dan pilih Install

3. Jika sudah terinstall, Silahkan untuk mengaktifkan plugin tersebut yang langsung ditawarkan pada tombol Active

Cara Membuat Kontak Form Menggunakan Plugins

Langkah 2 – Cara Membuat Kontak Form di WordPress

Setelah plugin telah aktif, bagian baru Contact ditampilkan pada menu dashboard di sebelah kiri.

1. Pilih menu Contact -> Add new untuk membuat form pertama Anda.

2. Tambahkan pada judul di form Anda – contoh, WordPress Kontak Form.

3. Beberapa label dan kolom input telah dibuat di form dapat membantu Anda mulai menggunakan plugin ini. Anda dapat menghapus, atau menambahkan label serta kolom input baru dengan memilihnya dari daftar yang ditampilkan di bagian atas area teks.

Cara Membuat Kontak Form Menggunakan Plugin

Jika memang Anda tidak yakin pada label atau kolom input seperti apa dibutuhkan, maka Anda tidak perlu melakukan apa-apa. Kapanpun Anda bisa kembali sebagian untuk mengeditnya.

Tampilkan kode final seperti ini, tergantung pada label atau kolom input yang dipilih.

Your Name (required)

Your Email (required)
[email* your-email]

Subject

Your Message
[textarea your-message] [submit “Send”]

Anda dapat menambahkan dan menghapus elemen sesuaikan kebutuhan. Untuk memulainya kita bisa mencoba menggunakan melalui placeholder yang ditampilkan di atas form.

Cara Membuat Kontak Form Menggunakan Plugin

Ikon bintang * mengindikasikan bahwa kolom wajib diisi.

Langkah 3 – Mengatur Format Email Anda

Pada saat pengunjung website mengirimkan pesan melalui form yang Anda telah buat, Anda akan menerima email berisikan nama, informasi kontak, dan isi pesan mereka.

Anda bisa mengatur email melalui tab Mail – beberapa mail-tags tercantum di bagian atas. Jangan khawatir jika Anda ingin menambahkan mail-tags di kolom yang telah ditentukan – Anda bisa kembali kapan saja untuk bisa mengeditnya.

Catatan : Pastikan Anda membuat perintah “masukkan alamat email yang valid” di kolom To – semua pesan akan dikirimkan melalui alamat email yang diberikan,

Cara Membuat Kontak Form Menggunakan Plugin

Langkah 4 – Bagaimana Mengatur Pesan

Di tab Messages, Anda dapat mengatur pesan yang akan dilihat oleh pengunjung website Anda pada saat mereka ingin mengirimkan sesuatu pada form.  Misalnya, Anda dapat mengatur pesan untuk menandai formulir yang telah berhasil dikirimkan dan juga pesan yang berbeda jika terjadi masalah seperti error (sebagai contoh, pengunjung situs memasukkan alamat email yang tidak valid, atau tidak mengisi kolom yang wajib diisi).

Cara Membuat Kontak Form Menggunakan Plugin

Langkah 5 – Menyimpan dan Menerbitkan Form

Jika memang sudah selesai, Anda dapat menyimpan perubahan yang dilakukan klik save di sisi kanan panel.

Setelah terjadi perbuahan pada form disimpan “shortcode” akan ditampilkan seperti dibagian atas. Shortcode tersebut highlight dengan berwarna biru dan tampilannya akan seperti berikut ini :

Cara Membuat Kontak Form Menggunakan Plugin

[contact-form-7 404 "Not Found"]

Untuk menampilkan form yang Anda buat:

  1. Pilih lalu salin shortcode.
  2. Tempel (paste) shortcode tersebut di halaman, post, atau widget di mana Anda hendak menampilkan form Anda.

Cara Membuat Kontak Form Menggunakan Plugin

Untuk menampilkan form yang Anda buat :

1. Pilih lalu Shortcode.

2. Tempel (paste) Shortcode tadi di halaman post, widgwt, atau widget dimana Anda henda menapilkan form Anda.

Cara Membuat Kontak Form Menggunakan Plugin

Langkah 6 – Silahkan kita akan mencoba test dari Form kontak WordPress

Untuk kita melihat tampilan form kontak yang telah dibuat tadi apakah berfungsi dengan baik atau tidak, maka Anda harus mencoba terlebih dahulu sebelum digunakan oleh orang lain. Sangat penting bahwa Anda akan menerima lewat email.

Jangan lupa untuk pilih tombol save pada setiap kali Anda melakukan perubahan pada shortcode form kontak. Dengan bergini, Anda tidak perlu lagi menyalin atau menempelkan shorcode untuk membuat form kontak.

Langkah dari tutorial kami sampaikan merupakan hal yang sangat dasar untuk membangun sebuah website yang professional. Sekian saja dari kami semoga bermanfaat.

 

Prayoga Hakim

×
Segera dapatkan website secara gratis, cukup bayar hosting dan domain saja