Blog Website Gratis

Alternatif Website CMS WordPress

Alternatif Website CMS Menggunakan Wordpress

Hingga saat ini, WordPress merupakan sebuah manajemen konten sistem paling populer digunakan untuk membuat sebuah halaman situs ataupun blog pribadi. Namun, begitu Anda tidak menyukai dengan tampilan antarmuka dari plugin Wordpres yang harus mengunduh dan tidak bisa memaksimalkannya.

Ada beberapa alternatif website CMS yang sangat berkualitas bersaing dengan WordPress.

Melalui artikel saya kali ini, kami akan memberikan beberapa platform alternatif website CMS selain menggunakan WordPress untuk Anda. Membahas platform lain kita akan menjelaskan dengan kelebihan dari platform tersebut yang memang cocok untuk Anda digunakan.

Alternatif Website CMS Selain Platform WordPress

1. Joomla

Alternatif Website CMS Selain WordPress

Alternatif website CMS menggunakan Joomla menjadi solusi utama karena dari menajemen konten berkualitas dan juga open source. Tampilan dari platform ini memang sangat fleksibel, sistem menu building yang intutif, dan banyak sekali tool Search Engne Optimazitation yang powerfull. Anda bisa mengembangkan fungsionalitas dari halaman situs joomla dengan bermacam-macam extensi, yang memang sistem cara kerja yang hampir sama pada plugin WordPress.

Platform Joomla sendiri sudah banyak digunakan oleh orang dari seluruh dunia setelah blogger dan WordPress. Alasan sendiri sudah sangat jelas bahwa platform ini memberikan keleluasan kontrol alur dari kerja konten dan layout template. Menunjukan memang hampir sama dengan tema WordPress. Fitur populer lainnya yang ditawarkan oleh Joomla adalah built-in Access Control List (ACL). Fitur ini memudahkan administrasi situs dan pemberua kontributor.

Keunggulan Joomla

  • Menawarkan fitur manajemen chace built-in yang dapat meningkatkan kecepatan serta performa situs Joomla.
  • Fitur Framwork Application Building PHP
  • Memiliki 15 custom field, Sehingga anda dapat membuat sebuah konten dengan cepat pada situs
  • Menyediakan core security yang sangat ketat

Harga:

Sistem manajemn konten ini bisa Anda dapatkan secara gratis, Walaupun ada beberapa item yang harus dibeli.

Kesimpulan 

Joomla merupakan CMS yang tepat dimana Anda akan membuat situs dengan skala besar atau tanpa memiliki skil codeing. Platform ini memang sedikit unggul dari WordPress dalam hal administrasi atau pengembangan secara group. Sebagai contoh fitur messenger yang dedicated untuk mengembangkan kolaborasi.

2. Website Baker

 

Alternatif Website CMS Selain WordPress

WebsiteBaker merupakan sistem manajemen terbaik untuk para developer yang mengembangkan desainer website. Alternatif website CMS ini memang sangat direkomendasikan karena software antar muka yang sangat sederhana memudahkan Anda untuk bisa membuat template layout sendiri menggunakan HTML, CSS, dan jQuerry. Anda juga bisa memanfaatkan editor built-in What You See Is What You Get (WYIWYG). Editor ini membantu Anda untuk meninjau perubahan coding yang akan ditampilkan pada halaman situs.

Fungsionalitas WebsiteBaker dapat dikelolan sekaligus dikembangkan via modul yang bisa Anda unduh. Ada banyak modul yang menambahkan galeri gambar, formulir subscription, kalender acara, dan lainnya. Anda juga bisa untuk menggunakan berbagai tool Admin, Bahkan Website Baker ini juga bisa mencari template secara gratis yang bisa dipakai dalam halaman situs anda.

Keunggulan WebsiteBaker

  • Menyediakan sistem manajemen file yang canggih untuk Anda bilamana melakukan bath-upload file ke situs.
  • Menyatukan manajemen user yang lebih aman sekaligus sistem administrasi.
  • Menawarkan fitur berbagai bahasa negara.
  • CMS paling ringan sehingga pengguna dapat membuat local list yang stabil hanya dengan sekali klik.

Kesimpulan

Walaupun fitur yang disediakan tidak sebanyak platform WordPress. Namun WebsiteBaker ini bisa menjadi alternatif website CMS yang memang memiliki keunggulan dari segi kecepatan akses oleh pengguna internet. Selain sistem ‘doplet’ revolutionary WordPress yang juga menghadirkan opesi lebih fleksibel dari pada yang ditawarkan inti WordPress.

3. Drupal

Alternatif Website CMS Selain WordPress

 

Untuk kalangan developer website, sudah tidak asing lagi dengan platform Drupal yang dikenal sebagai sistem manajemen konten CMS mudah digunakan untuk perantara alternatif dari WordPress terbaik untuk membuat berbagai situs kompleks dan skala besar ( Terlebih bagi developer yang diwajibkan untuk mengelola data client)

Drupal merupakan platform yang menawarkan waktu loading lebih cepat, memiliki panduan tutorial lengkap, aman dan opsi kustomisasi yang tidak terbatas secara virtualisasi.

Walaupun drupan disarankan bagi pemula, CMS ini memiliki keunggulan dalam hal mengonlinekan situs didunia industri. Sebagai contoh, Drupal menawarkan pilihan prepackaged untuk perusahaan nirlaba, sektor kesehatan, instansi, universitas, dan masih banyak lagi.

Keunggulan Drupal 

  • Menawrkan berbagai berbagai varian custom field type, modul, templatedan masih banyak elemen lainnya untuk membangun website.
  • Menggabungkan fitur environment untuk mengembangkan proyek yang canggih
  • menawarkan sejumlah tema dan modul untuk pengembangan fungsionalitas.

Harga

Untuk Drupal dipublikasikan secara gratis dan open source

Kesimpulan 

Mengenmbangkan sebuah infrastruktur yang kuat dan banyaknya fleksibilitas. Drupal merupakan alternatif website CMS terbaik untuk marketer, developer, dan creative proffesional. Meskipun learning curve-nya lebih tajam dibandingkan dengan WordPress. Drupal lebih unggul dalam performa dan scalability.

4. Ghost

Alternatif Website CMS Selain WordPress

Ghost merupakan CMS open source lainnya yang paling banyak digunakan. Sistem manajemen konten ini lebih banyak digunakan untuk konten blog dan publikasi online yang menarik dan stylish (dibandingkan dengan kompleks). Ghost juga dilengkapi dengan fitur serbaguna dari satu software antarmuka untuk mengatur layout halaman, menjadwalkan post, memasukan kode analitycs, dan masih banyak lagi. Platform Ghost juga dapat membantu anda untuk Anda mengoptimalkan dan memproduksi konten diberbagai channel distribusi.

Keunggulan lebih yang ditawarkan oleh platform Ghost ini memang benar-benar ditunjukan para developer. Selain memberikan Anda untuk kesempatan untuk mengontrol integrasi API dan juga pengembangan tema dan juga Ghost menyediakan backup konten ( Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika konten hilang karena website rusak atau tidak bisa di akses)

Keunggulan Ghost

  • Mencantukan manajemen subscription dan fitur intregrasi RSS Feed.
  • Menggunakan Markdown, teks plain tingkat lanjut dengan format syntax yang mengubah konten ke HTML terstruktur.
  • Menawarkan tool administrasi yang mudah digunakan untuk mengalihkan role dan permission
  • Menyediakan dukungan integrasi AMP, agar waktu loading mobile lebih cepat dan peringkat yang lebih baik dari mesn pencarian.

Harga

Paket di CMS Ghost bervariasi, mulai dari paket Personal (ditujukan untuk satu blog sederhana, seharga $19 atau kira-kira Rp. 267.000) sampai paket Business (yang bisa digunakan untuk membuat sampai 50 website, seharga $199 atau kira-kira Rp. 2.800.000).

Kesimpulan

Jika anda ingin mencari softaware yang powerfull tapi minimalis untuk membuat konten dan juga tidak ingin membebankan website mengisntall berbagai plugin, maka Ghost merupakan alternatif WordPress yang layaknya diperhitungkan. Ghost juga merupakan platform yang tepat jika ingin membuat blog sederhana tetapi powerfull dengan berbagai fitur SEO built-in.

Demikian saja artikel dari kami yang bisa sampaikan mengenai Alternatif Website CMS selain WordPress. Pada pilihan ini Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan untuk keperluan website Anda. Memilih berbagai platform ini menjadi solusi dengan keperluan semisal untuk perusahaan dan lainnya. Kami juga menawarkan untuk Anda berbagai paket pembuatan website gratis dengan platform WordPress tampilan professional dan elegan yang diperlukan dengan segala keperluan. Semoga bermanfaat.

Prayoga Hakim

Segera dapatkan website secara gratis, cukup bayar hosting dan domain saja
Powered by